Design Ethnic Public Area

Huuuf . . . after long time, akhirnya sekarang posting lagi . . . hehehe,
Pagi ini saya mengikuti sebuah acara Seminar Teknologi Industri yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Idustri Unissula di sebuah hotel di semarang. Bukan akan mereview tentang acara seminar namun saya lebih ingin untuk mereview desain ruangan hotel tempat acara itu diadakan.
"Hmmm.... jawa tengah banget . . . nice works", begitu yang ada di benak saya ketika pertama memasuki lobi hotel, sebuah tempat umum yang mengedepankan etnik budaya jawa pada dekorasi interiornya . . , sentuhan kayu, gebyok (kusen kayu tradisional yang penuh ukiran hiasan), dan juga lampu gantung model kuno menghiasi lobi dan seisi lantai 1 hotel tsb.
Adanya penggunaan dekorasi tempat umum yang mengedepankan budaya sendiri menurut saya adalah bentuk kebanggaan terhadap kekayaan budaya indonesia, serta bentuk promosi kepada siapa saja yang mungkin belum mengetahui budaya indonesia. Lobi hotel, lobi kantor pemerintahan, bank, kampus, halte bis, taman kota, dan masih banyak lagi . . if everything perform like this . . . saya rasa budaya indonesia bisa terangkat ke dunia internasional!

Wednesday, August 5, 2009

0 Comments: